Panduan Ritual Cuci Muka Anda

Cleansing Routine 101 – Panduan Ritual Cuci Muka Anda

When we think about it, kita bisa katakan bahwa mencuci muka adalah inti dari perawatan kulit. Pembersihan yang tidak sempurna bisa memberi Anda lebih banyak masalah, padahal sehari-harinya Anda sudah harus bergulat dengan masalah kulit biasa. Dan tanpa metode cuci muka yang baik, semua usaha yang susah payah Anda lakukan dengan produk-produk skin care (yang seringkali tidak murah) akan berakhir sia-sia. Siapapun harus mengerti bahwa cuci muka tidak sekedar dilakuakn untuk mengangkat kotoran-kotoran yang ada. Cuci muka yang dilakukan dengan benar akan membuat kulit lebih mudah untuk menyerap produk-produk skin care: serum, essence, ampoule, semuanya!

Apakah Anda salah satu dari jutaan orang yang masih mencuci muka dengan cara konvensional: basahi-gosok-bilas? Ini saatnya untuk mengubah kebiasaan cuci muka Anda. Coba luangkan sedikit waktu untuk melakukan langkah-langkah ini setiap hari dan lakukan dengan sungguh-sungguh, apalagi jika Anda sering menggunakan makeup berat, sunscreen, atau tinggal di lingkungan lembab dan berpolusi. Anggap saja ini sebagai investasi untuk kulit yang cantik di masa mendatang.

1. Getting ready

Banyak orang seringkali melewatkan tahap awal ini: cuci tangan. Tangan yang kotor tidak mungkin membantu Anda meraih wajah bersih.

2. Hapus semua makeup

Apa Anda pernah mendengar metode double cleansing? Jawabannya pasti ‘sudah’. Langkah pertama dalam double cleansing bertujuan untuk menghilangkan makeup, kotoran, dan semua racun yang ada di permukaan kulit Anda. Makeup remover tersedia dalam beberapa jenis: minyak pembersih, susu pembersih, atau tisu pembersih wajah. Pilihlah pembersih yang terbaik untuk tipe kulit Anda, karena akan melakukan ini setiap hari.

Tuangkan pembersih pada kapas yang lembut dan usaplah wajah Anda (atau langsung saja membersihkan jika Anda menggunakan tisu pembersih). Serangkaian makeup masa kini biasanya memiliki daya tahan yang tidak main-main, jadi lakukan tahap ini hingga kotoran betul-betul terhapus. Catatan: hindari mengusap wajah ke arah bawah. Anda tidak ingin wajah Anda jadi kendur karenanya, kan?

3. Cuci!

Menghilangkan sisa kotoran pada pori-pori adalah target utama dari langkah kedua pada double cleansing. Kegiatan ini memberikan kulit keleluasaan untuk bernapas. Basahi wajah, ambil facial wash (atau facial foam, cleansing gel, apa saja yang Anda suka) dan cucilah wajah Anda dengan cukup produk. Gerakan memutar akan membantu mengangkat sisa kotoran yang menyumbat pori-pori.

4. Optional: exfoliate

Langkah ini jelas bukan untuk dilakukan setiap hari, tetapi ekfoliasi yang dilakukan secara rutim akan menghabiskan sel kulit mati, menghasilkan kulit bersih dan kenyal. Pakai facial scrub kesayangan Anda, khususnya pada area di mana pori dan blackhead terlihat dengan jelas. Tips produk eksfoliasi?

Temukan produk dengan AHA untuk mengeksfoliasi permukaan kulit dan BHA untuk pori sekaligus permukaan kulit.

5. Keluarkan toner andalan Anda

Beberapa dari Anda mungkin berkata, “Ada lagi? Apa belum cukup bersih?” Tapi Anda akan terkejut melihat apa yang tertinggal di wajah Anda. Ya, kotoran lainnya. Anda mungkin takut membuat wajah menjadi terlalu kering. Buang toner Anda yang mengandung alkohol! Tidak perlu kuatir, belakangan ini banyak toner yang muncul dengan formula melembabkan. Ketika melakukan pembersihan final, toner jenis ini akan menenangkan kulit dan mengembalikan keseimbangan pH, membuat kulit Anda siap menerima langkah selanjutnya: skin care dan treatment.

Sekarang ketika Anda sudah merasa segar setelah kegiatan bersih-bersih, waktunya mengaplikasikan produk perawatan kulit! Jangan anggap ritual membersihkan muka ini sebagai hal yang terlalu panjang dan repot. Seperti kata pepatah: lebih baik mencegah daripada mengobati. So enjoy the art of face cleansing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *