43008151_xxl_resize

Masalah Kulit Berminyak: Pori-pori Besar

Hello, Beauties!

Bagi pemilik kulit berminyak, pasti sering merasa kesal karena wajah mudah terlihat mengkilap, kusam, belum lagi riasan menjadi mudah luntur. Selain itu, pemilik kulit berminyak juga kerap dilanda masalah pori-pori yang membesar. Kondisi ini menyebabkan wajah terlihat lebih tua dan kurang berseri, ditambah lagi mudah timbul jerawat dan komedo. Menyebalkan ya? Yuk, sama-sama mencari tahu penyebab dan solusinya.

Penyebab pori membesar

  • Paparan sinar matahari. Sinar UV matahari dapat menyebabkan pori-pori membesar karena merusak kolagen. Akibatnya, dinding kanal pori-pori kulit menjadi kurang elastis, sehingga tampak membesar.
  • Seiring usia, pori-pori wajah secara alami mengalami pelebaran karena elastisitasnya berkurang.
  • Faktor genetik.
  • Produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Sebum atau minyak alami kulit secara normal mengalir melalui saluran pori-pori, lalu keluar di pori-pori dan menyebar ke seluruh permukaan kulit. Namun saat produksi minyak berlebihan, minyak alami tersebut akan bercampur dengan sel-sel kulit mati, kotoran, dan keringat di dalam pori-pori, lalu menyebabkan penyumbatan. Akibatnya pori-pori tambak membesar.

Bagaimana mengatasinya?

Banyak produk kecantikan yang dapat membantu merawat masalah pori-pori membesar, namun perlu diingat bahwa pori-pori adalah bagian alami dari kulit yang tidak bisa dihilangkan. Bila Anda ingin mencoba perawatan alami yang praktis dan mudah dilakukan di rumah, ini beberapa idenya:

  • Exfoliating, Cleansing, and Moisturizing.

Jangan lupa selalu bersihkan wajah, rawat dengan pelembap dan lakukan scrubbing setidaknya 10 hari sekali. Sel kulit mati yang terangkat dengan baik membantu mengurangi penyumbatan di dalam pori-pori.

  • Campuran sari buah lemon, ketimun, dan air mawar.

Salah satu perawatan alami untuk mengurangi penampakan pori-pori yang membesar adalah dengan menggunakan sari buah lemon. Enzim di dalamnya membantu mengencangkan kulit dan mengurangi minyak berlebih. Campurkan sari buah lemon, air mawar dan air ketimun, lalu usapkan ke bagian wajah yang mengalami pori-pori membesar. Lakukan secara teratur.

  • Cuka apel

Cuka apel bermanfaat sebagai astringent alami yang mampu membantu mengurangi minyak, mencegah komedo dan membersihkan kulit. Campurkan cuka apel (pilih yang organik) dengan air. Rendam kapas di dalamnya lalu usapkan ke permukaan kulit. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin.

  • Baking Soda

Bahan ini berfungsi sebagai bahan eksfoliasi kulit yang lembut, membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori. Selain itu, baking soda juga baik untuk kulit karena menjaga keseimbangan pH pada kulit, memiliki sifat anti bakteri dan anti peradangan, sehingga dapat digunakan juga untuk merawat masalah kulit seperti jerawat.

Campurkan 2 sdm baking soda dengan 2 sdm air hangat. Oleskan larutan ini pada wajah, lalu pijat dengan lembut. Lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara teratur selama 6-7 hari, lalu lanjutkan 3-4 kali seminggu.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *