Sumber: Pinterest

“Baking”, the (Not-So) New Thing, but Trendy

Hello, Beauties!

Ada begitu banyak trik dan cara baru dalam mengaplikasikan makeup. Dulu, orang hanya mengenal foundation dan concealer sebagai produk makeup yang bisa menyempurnakan tata rias wajah, tetapi dengan semakin kreatifnya produsen makeup dan para makeup artist, produk tata rias wajah pun semakin beragam. Ada BB cream, CC cream, DD cream, juga produk contouring dalam bentuk powder dan krim, yang semuanya memiliki manfaat tersendiri dalam memberi dimensi pada wajah.

Dari semua tren produk, teknik aplikasi makeup pun turut mengalami perkembangan. Saat ini ada teknik yang semakin banyak digemari dan diyakini bisa mempercantik tata rias, yaitu teknik “baking”. Anda mungkin mengerutkan kening ya… karena seolah-olah tata rias wajah sudah berbaur dengan teknik memasak, haha…! Tapi jangan salah, teknik ini bisa memberi sentuhan yang berbeda lho, pada wajah Anda. Yuk, kita telaah lebih dalam.

Teknik “baking” sebenarnya bukan teknik baru, tetapi kembali naik daun setelah para makeup artist di YouTube ramai-ramai melakukannya. Teknik ini adalah teknik aplikasi highlight pada wajah, dengan menggunakan concealer dan bedak tabur transparan, sebagai teknik setting makeup dengan hasil akhir kulit wajah yang tampak lebih halus, mulus, dan bisa bertahan lama.

Langkah-langkahnya:

  1. Setelah mengaplikasikan foundation seperti biasa, gunakan creamy concealer di selutuh T-zone dan area di bawah mata untuk mencerahkan bagian-bagian wajah yang nantinya akan diberi highlight.
  2. Setelah itu, aplkasikan bedak tabur transparan pada bagian wajah yang diberi concealer tadi. Tujuannya adalah menyerap minyak pada wajah. Biarkan wajah selama beberapa menit – antara 5-10 menit – agar bedak dan creamy concealer menyatu (inilah yang disebut “baking”).
  3. Setelah itu, gunakan kuas blush on untuk menyapu kelebihan bedak tabur. Perhatikan betapa tekstur wajah Anda akan berubah menjadi lebih halus seperti tanpa pori, dengan hasil akhir matte.
  4. Selesaikan riasan wajah dengan mengaplikasikan highlight di area-area yang Anda inginkan.

Perlu diingat, teknik ini tidak disarankan untuk riasan sehari-hari, karena riasan dengan teknik ini tampak lebih berat pada wajah, sehingga lebih tepat untuk acara-acara khusus, seperti pesta di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *